Appiah : Segala Sesuatu Masih Mungkin Terjadi bagi Ghana di Kualifikasi Piala Dunia FIFA 2018 Rusia

Ada beberapa negara di benua Afrika yang tampil di Piala Dunia FIFA dalam beberapa tahun terakhir ini, yaitu : Ghana, Pantai Gading, Nigeria, Kamerun, dan Aljazair. Negara-negara tersebut tampil di Piala Dunia FIFA tahun 2010 dan 2014 yang lalu. Ini akan menjadi cerita yang berbeda pada babak berikutnya dimana Aljazair, Kamerun, dan Nigeria berada dalam grup kualifikasi yang sama. Hal ini berarti bahwa hanya satu dari mereka yang akan berhasil mencapai Piala Dunia FIFA 2018 Rusia. Ghana telah tersandung pada bagian awal kualifikasi sehingga memungkinkan Mesir untuk mengklaim posisi terdepan di grup kualifikasi.

Awal yang lamban ini ditambah dengan kekecewaan yang dialami tim Ghana yang berjuluk “Bintang Hitam (Black Stars)” pada Piala Afrika (CAF) 2017 mendorong Asosiasi Sepak Bola Ghana untuk membuat perubahan dengan menunjuk James Kwesi Appia sebagai pelatih tim nasional yang baru. Penunjukan tersebut membawa Appia kembali ke lingkungan yang sangat akrab : dia sebelumnya menjabat sebagai asisten Milovan Rajevac saat pelatih yang berasal dari Serbia tersebut membawa Ghana ke perempat final Piala Dunia 2010 di Afrika Selatan. Appia kemudian menjadi pelatih tim nasional Ghana dan membimbing tanah airnya ke Piala Dunia FIFA 2014 di Brasil melalui kemenangan play-off atas Mesir.

Appiah tahu betul bahwa mengulangi prestasi tersebut untuk kali ini akan menjadi tugas yang berat. Pengakuan tersebut disampaikannya kepada pialadunia-2018.com dalam sebuah wawancara eksklusif. “Kami hanya memperoleh satu poin, sementara Mesir mendapatkan enam poin,” katanya. “Namun, kami akan mencoba untuk memenangkan pertandingan yang akan datang dan melampui posisi mereka.”

Kesempatan untuk Mengubah Keadaan

Pertandingan yang mesti dihadapi Ghana antara lain adalah melawan Kongo. Ini merupakan kesempatan emas bagi tim Ghana yang dibimbing Appiah untuk mengejar posisi Mesir yang menghadapi pertandingan melawan Uganda yang berada di urutan kedua grup. “Kongo memiliki tim yang baik. Tidak ada negara dalam grup ini yang bisa dianggap enteng. Kami harus menghadapi setiap pertandingan dengan sikap dan semangat juang yang sama.”

Meskipun demikian, Appiah yang tetap berjuang dengan gigih menegaskan bahwa Piala Dunia FIFA 2018 Rusia tetap berada dalam jangkauan untuk timnya. “Setiap tim telah memainkan dua pertandingan, jadi kami memiliki empat pertandingan tersisa masing-masing dan 12 poin untuk diperoleh. Segala sesuatu masih mungkin terjadi asalkan kami tetap bekerja keras dan berkinerja dengan baik. Kami mesti melihat apa yang akan terjadi ke depannya, tapi saya pikir siapa pun di grup masih berpeluang untuk lolos kualifikasi Piala Dunia FIFA 2018. “

Upaya Memperkuat Tim di Semua Lini

Meskipun tim nasional Ghana memperoleh hasil yang tidak begitu baik di Piala Afrika dan kualifikasi Piala Dunia FIFA 2018 Rusia, Appia yakin bahwa Ghana memiliki apa yang diperlukan untuk menghadapi tantangan ini. “Saya puas dengan tim yang saya bimbing. Saya ingin membantu mereka bersaing lebih baik dalam pertandingan kualifikasi yang tersisa. Kami memiliki beberapa pemain muda dalam tim dan kami harus memastikan mereka bersinar di masa depan. “

Apa tujuan yang ingin dicapai oleh pelatih berusia 57 tahun ini untuk Piala Dunia FIFA 2018 Rusia dan Piala Afrika 2019 di Kamerun ? “Ghana tersingkir di semifinal Piala Afrika 2017, tapi kami berjuang dengan gigih. Kami harus berusaha untuk memperbaiki permainan dan membawa generasi pemain baru serta berjuang untuk lolos kualifikasi Piala Afrika 2019.”

Jadwal pertandingan tim nasional Ghana di kualifikasi Piala Dunia FIFA 2018 :

1 September : Ghana – Kongo

5 September : Kongo – Ghana

2 Oktober : Uganda – Ghana

6 November : Ghana – Mesir

Comments

Leave a reply