Diduga Pemainnya Terlibat Doping, Status Tuan Rumah Piala Dunia 2018 Rusia Bakal Dicabut?

Muncul seruan agar Rusia dilucuti dari Piala Dunia setelah klaim doping terbaru.

Kurang dari setahun sebelum negara Rusia menjadi tuan rumah acara olahraga terbesar di dunia, tim nasional sepak bolanya malah terlibat dalam skandal doping. Surat kabar Inggris ‘The Mail on Sunday‘ menulis bahwa para pemain Rusia sedang diselidiki oleh FIFA sebagai bagian dari skandal yang lebih luas atas tuduhan doping yang didukung negara bagian di Rusia.

Tuduhan tersebut telah menyebabkan seruan agar negara Rusia dilucuti dari perannya sebagai tuan rumah Piala Dunia FIFA yang sebenarnya akan dimulai Juni tahun mendatang. Namun wakil Perdana Menteri Rusia Vitaly Mutko pada hari Minggu mengabaikan sebuah laporan yang mengatakan bahwa seluruh skuad Rusia saat Piala Dunia 2014 berada dalam penyelidikan FIFA atas doping kala itu. Mutko – yang juga memimpin otoritas sepakbola negara tersebut – mengecam laporan tersebut sebagai “omong kosong” dan bersikeras bahwa tidak pernah ada masalah dengan doping dalam pertandingan Rusia.

Dan FIFA telah menegaskan semua pemain termasuk semua skuad Rusia menjalani tes pra-kompetisi dan pasca pertandingan di Brasil. “Semua hasilnya negatif,” kata juru bicara badan sepak bola. Pernyataan tersebut menambahkan: “FIFA telah memastikan bahwa sejalan dengan kerjasama yang erat dengan Badan Anti Doping Dunia (World Anti Doping Agency / WADA), pihaknya masih menyelidiki tuduhan yang melibatkan para pemain sepak bola dalam laporan McLaren tersebut.

“Namun, FIFA tidak menyebut pemain tertentu, karena tidak bisa mengomentari status investigasi yang sedang berlangsung.”

Di Moskow, Mutko mengatakan kepada kantor berita TASS bahwa sepak bola Rusia sudah bersih. “Tidak pernah ada dan tidak akan pernah ada masalah dengan doping di sepakbola kita. Tim kami diuji secara permanen, mereka menjalani tes doping setelah setiap pertandingan.”

Dia menambahkan: “Mereka (Mail on Sunday) telah menulis semacam omong kosong. Jangan repot-repot membaca koran Inggris di pagi hari. ”
Mail on Sunday melaporkan bahwa pasukan timnas Rusia saat Piala Dunia 2014 di Brasil beserta 11 pemain lainnya diperiksa setelah mereka masuk dalam daftar lebih dari 1000 “orang yang menarik” yang disusun oleh badan otoritas anti-doping dunia tersebut.
Artikel tersebut mengutip juru bicara FIFA yang mengatakan bahwa badan sepak bola tersebut “masih menyelidiki tuduhan tersebut”.

Masih belum ada bukti jelas bahwa para pemain tersebut bersalah melakukan doping, tambah surat kabar tersebut.

Negara Rusia sebelumnya dituduh oleh WADA menjalankan operasi yang disponsori negara di seluruh cabang olahraga untuk membantu dan melindungi kecurangan penggunaan obat.
Sebagian besar tim lapangan Rusia dilarang mengikuti Olimpiade di Rio atas skandal doping, selain itu seluruh skuad Paralimpik-nya dikeluarkan alias tak diikutsertakan.

Tuduhan bahwa dunia sepak bola dapat turut terlibat menggunakan doping memberikan kisah utama mengejutkan dalam kasus doping dan tentunya dapat menyeret beberapa bintang olahraga profil tertinggi Rusia.

Tags:

Comments

Leave a reply