FIFA Menghukum Asosiasi Sepakbola Skotlandia Karena Lagu Kebangsaan Inggris Dicemooh dalam Pertandingan Kualifikasi Piala Dunia 2018

FIFA menghukum asosiasi sepak bola Skotlandia atau Scottish Football Association (SFA) dengan denda sebesar £ 4.000. Hukuman denda diberikan karena “pasukan Tartan (Tartan army)” mencemooh lagu kebangsaan Inggris “God Save the Queen” di pertandingan kualifikasi Piala Dunia di stadion Hampden Park pada tanggal 10 Juni yang lalu. Pasukan Tartan (Tartan army) adalah sebutan untuk pendukung tim nasional Skotlandia yang menggunakan pakaian tradisional Skotlandia dengan kaos berwarna biru, rok bermotif kotak-kotak, dan sepatu boot.

Pasukan Tartan (Tartan Army) memberikan dukungan kepada tim nasional Skotlandia

Teriakan dan cemooh bergema di stadion Hampden Park saat lagu kebangsaan Inggris dinyanyikan sebelum pertandingan dimulai. Pertandingan tersebut berakhir dengan skor akhir 2-2 dan menggagalkan harapan Skotlandia untuk memperoleh kualifikasi dalam turnamen piala dunia 2018 di Rusia.

Ini adalah ketiga kalinya SFA dihukum denda oleh FIFA dalam waktu kurang dari satu tahun. SFA didenda £16.000 setelah mengenakan emblem bunga poppy di lengan mereka pada pertandingan melawan Inggris di stadion Wembley bulan November tahun lalu. Asosiasi sepak bola Inggris, Irlandia Utara, dan Wales juga didenda oleh FIFA karena mengenakan emblem bunga poppy dimana asosiasi sepak bola Inggris dihukum dengan denda sebesar £35.000.

Skotlandia dan Inggris dihukum denda oleh FIFA karena mengenakan emblem bunga Poppy

Bunga poppy merupakan lambang untuk mengenang para pahlawan Inggris yang meninggal dalam perang dunia. Peraturan FIFA melarang menggunakan segala sesuatu yang dapat dianggap sebagai simbol politik atau agama dalam pertandingan sepak bola. Peraturan ini dibuat agar tidak ada kepentingan politik yang terlibat dalam suatu pertandingan sepak bola.

SFA lalu didenda £4.000 karena sengaja lambat melakukan tendangan kick-off dalam pertandingan melawan Slovenia di bulan Maret yang lalu. Selain itu Skotlandia juga mendapatkan tambahan peringatan keras karena lambat melakukan tendangan kick-off saat melawan Malta dalam pertandingan pembukaan kualifikasi piala dunia 2018 di bulan September tahun lalu.

Comments

Leave a reply