International Champions Cup (ICC) 2017 : Sekilas Sejarah, Jadwal Pertandingan, Tim, Pemain, Pemenang, dan Tempat Pertandingan

Real Madrid, Barcelona, dan Manchester United akan ikut ambil bagian dalam pertandingan International Champions Cup (ICC) musim panas ini yang akan diselenggarakan di Amerika Serikat, China, dan Singapura. 

ICC musim ini yang diselenggarakan untuk kelima kalinya dimulai pada hari selasa tanggal 18 Juli dengan banyak klub top sepak bola Eropa berpartisipasi kembali. 

Turnamen pra-musim ini memperoleh sambutan hangat dari  para pendukung klub sepak bola Eropa yang berada di tempat diselenggarakannya turnamen ini, yaitu Asia dan Amerika Serikat.

Turnamen ini telah menarik perhatian para penggemar sepak bola dan klub-klub sepak bola yang berpartisipasi diisukan memperoleh uang yang signifikan dengan nilai hingga $20 juta. Hal ini di luar keuntungan komersial jangka panjang dengan bertemu para pendukung di penjuru dunia. 

Kelemahan dari mengikuti turnamen ICC adalah perjalanan yang mesti ditempuh. Banyak manajer klub Liga Premier mengeluh tidak dapat berlatih dengan lebih fokus di satu lokasi karena perjalanan lintas negara yang mesti mereka lakukan. 

Berikut ini adalah semua yang perlu anda ketahui tentang International Champions Cup (ICC).


Apa Itu Turnamen ICC ?


International Champions Cup (ICC) adalah turnamen pra-musim yang diselenggarakan setiap musim panas sejak tahun 2013. ICC diselenggarakan di tiga negara yang berbeda dalam dua tahun terakhir, yaitu di Amerika Serikat, China, dan Australia. Turnamen ICC pada awalnya hanya diselenggarakan di negara Amerika Serikat.

Australia tidak menjadi tempat diselenggarakannya ICC pada tahun ini dan posisinya digantikan oleh Singapura. China dan Singapura akan menjadi negara tempat diselenggarakannya tujuh pertandingan secara total, sementara Amerika Serikat menyelenggarakan 12 pertandingan sesuai jadwal.

Bayern Munich dan Inter akan bermain di turnamen yang diadakan di China dan Singapura, namun hasil pertandingan dari ketiga negara ini tidak terkait satu sama lain. Juara terpisah akan muncul dari masing-masing ketiga negara tersebut. Tidak semua tim akan saling bertemu dalam jadwal pertandingan dan beberapa tim akan bermain di lebih banyak pertandingan daripada tim yang lain.

Dengan demikian ICC adalah serangkaian pertandingan persahabatan yang diselenggarakan di tiga negara benua Amerika dan Asia yang dimainkan di stadion besar. Turnamen ICC dimulai pada tanggal 18 Juli dan selesai pada tanggal 30 Juli. Semua klub sepak bola akan kembali ke Eropa pada awal Agustus untuk mengikuti jadwal kompetisi liga besar yang akan segera tiba.


Tim yang Berpartisipasi di ICC 2017


Roma, Lyon, dan Arsenal adalah tim-tim yang ikut bermain dalam kompetisi tahun ini yang tidak berpartisipasi pada tahun 2016 yang lalu. Atletico Madrid, Celtic, Liverpool, dan Leicester City serta Melbourne Victory yang tahun lalu bermain di kandangnya sendiri di Australia tidak ikut berpartisipasi pada tahun ini.

Tottenham, Juventus, dan kedua klub Manchester yang tahun lalu bermain di Asia atau Australia bertanding di Amerika Serikat pada musim panas ini. Chelsea, Bayern Munich, dan dua tim Milan ikut berpartisipasi di Asia untuk musim panas kali ini.


Pemain yang Berpartisipasi di ICC 2017


Banyak klub sepak bola ternama Eropa yang ikut berpartisipasi di ICC 2017 dan anda dapat melihat beberapa pemain terkenal dunia bertanding di lapangan.

Cristiano Ronaldo tidak ikut berpartisipasi dalam turnamen ICC 2017. Peraih penghargaan Ballon d’Or ini tidak ikut melakukan perjalanan ke Amerika Serikat bersama Real Madrid setelah tampil di Piala Konfederasi karena ingin menghabiskan waktu bersama dengan bayi kembarnya yang baru dilahirkan beberapa waktu lalu.

Neymar, Luis Suarez dan Lionel Messi yang baru menikah berada di tim Barcelona dan ikut berpartisipasi dalam ICC 2017. ​​Alvaro Morata ikut terbang bersama tim Real Madrid melintasi samudra Atlantik meski ada isu yang menyebutkan dirinya akan ditransfer ke klub lain.

Marc-Andre ter Stegen, penjaga gawang dari Jerman yang juga bermain di Piala Konfederasi seperti Ronaldo diberikan istirahat panjang oleh klub Barca. Namun, belum ada konfirmasi apakah hal yang sama akan diberikan kepada Nelson Semedo dari Portugal yang baru menandatangani kontrak dengan Barca.

Manchester United membawa pemain baru Romelu Lukaku dan Victor Lindelof berpartisipasi dalam ICC 2017. Lukaku sedang berlibur di Amerika bersama Paul Pogba dan bergabung dengan tim United setelah ditransfer dari Everton.

Dani Alves yang menandatangani kontrak dengan Paris Saint-Germain (PSG) setelah menolak Manchester City akan bermain di lapangan melawan Juventus yang merupakan mantan klubnya di Miami pada tanggal 26 Juli.


Jadwal Pertandingan ICC 2017


Banyak pertandingan yang dimainkan akan dimulai larut malam di Inggris atau bahkan pada dini hari keesokan paginya karena perbedaan waktu antara Amerika Serikat dan Inggris.

Waktu lokal setempat dan Inggris tercantum di bawah ini. Pertandingan Manchester United melawan Manchester City dimulai pada pukul 20.30 waktu setempat di Houston pada tanggal 20 Juli. Mereka yang berada di Inggris dapat menonton pertandingan dimulai pada tanggal 21 Juli jam 02.30.


Tempat Pertandingan ICC 2017 Diselenggarakan


Comerica Park (Detroit, Michigan):

NRG Stadium (Houston, Texas):

MetLife Stadium (East Rutherford, New Jersey):

Camping World Stadium (Orlando, Florida):

Levi’s Stadium (Santa Clara, California):

Red Bull Arena (Harrison, New Jersey):

FedEx Field (Landover, Maryland):

Hard Rock Stadium (Miami Gardens, Florida):

Los Angeles Memorial Coliseum (Los Angeles, California):

Nissan Stadium (Nashville, Tennessee):

Gillette Stadium (Foxborough, Massachussetts):

Tianhe Stadium (Guangzhou, China):

Shanghai Stadium (Shanghai, China):

Nanjing Olympic Sports Centre (Nanjing, China):

National Stadium (Singapore):


Pemenang Turnamen ICC Tahun Lalu


ICC memiliki satu pemenang di setiap negara tempat diselenggarakannya pertandingan. Namun, ICC 2016 hanya memiliki pemenang di Amerika dan Australia karena pertandingan Manchester City melawan Manchester United di China dibatalkan.

Juventus adalah juara ICC 2016 di Australia karena memperoleh poin ekstra dari kekalahan adu penalti mereka saat melawan Melbourne Victory dan oleh karena itu menjatuhkan Atletico Madrid dari posisi teratas.

Sebuah rekor yang sempurna dengan tiga kemenangan dari tiga pertandingan menjadikan PSG sebagai juara ICC 2016 di Amerika Serikat. PSG memperoleh sembilan poin sehingga lebih unggul dari Liverpool, Chelsea, Barcelona dan Real Madrid dimana keempat klub tersebut memenangkan dua pertandingan. Celtic berada di urutan terbawah turnamen ICC 2016 dengan hasil satu poin karena kalah adu penalti melawan Leicester.

Comments

Leave a reply