Lakukan Kesalahan Fatal, Wasit Ini Dihukum Seumur Hidup

Beberapa kesalahan fatal dari hakim lapangan atau Wasit bisa saja mengubah jalannya pertandingan dan tentunya akan ada pihak yang dirugikan. Sama seperti yang terjadi pada laga antara Afrika Selatan versus Senegal yang harus diulang karena keputusan fatal dari Wasit.

Wasit yang memimpin laga tersebut bernama Joseph Lamptey dari Ghana. Musibah tersebut berawal ketika Wasit melihat bola mengenai tangan Kalidou Koulibaly. Langsung saja peluit berbunyi dan titik putih ditunjuk oleh pengadil lapangan.

Keputusan tersebut memunculkan kontroversi dimana pada saat tayangan ulang diputar, bola hanya mengenai tangan Koulibaly. Keputusan tersebut memberikan keuntungan bagi Afrika Selatan yang keluar sebagai pemenang dengan skor 2 – 1.

Akibat dari kesilapannya, Lamptey dijatuhi hukuman seumur hidup oleh FIFA. Dirinya tidak lagi diizinkan untuk memimpin pertandingan dalam laga Internasional maupun Liga Domestik.

Lamptey dianggap telah memanipulasi laga tersebut sehingga untuk kepentingan Fair Play, pertandingan Afrika Selatan vs Senegal akan diulang. Hukuman tersebut juga didukung oleh putusan Pengadilan Arbitrase Olahraga (CAS) belakangan ini.

“Laga antara Afrika Selatan dengan Senegal akan diulang pada bulan November 2017. Namun untuk tanggal tepatnya, akan tunggu pemberitahuan selanjutnya”, tulis FIFA.

Afrika Selatan dan Senegal memiliki jarak poin yang sedikit dalam klasemen babak penyelisihan Grup D. Senegal telah mengumpulkan lma poin dan Afrika Selatan dengan empat poin. Keduanya berada di bawah Burkina Faso yang sementara menjadi pemuncak klasemen dan diikuti oleh Tanjung Verde dengan poin yang sama yakni enam poin.

Comments

Leave a reply