Mikel : Tim Nigeria Berada dalam Posisi yang Bagus di Kualifikasi Piala Dunia FIFA 2018

John Obi Mikel wajar merasa optimis dengan harapan Nigeria untuk lolos ke Piala Dunia FIFA 2018 Rusia. Meskipun putaran ketiga kualifikasi Afrika baru mencapai pertengahan pada akhir bulan ini dan awal September, Mikel yang merupakan kapten tim Nigeria yang berjuluk “Super Eagles” percaya bahwa sebuah tempat di Piala Dunia FIFA 2018 ada dalam jangkauan mereka.

Nigeria sudah unggul empat poin dari Kamerun yang berada di urutan kedua dan lima poin di depan Zambia dan Aljazair dalam klasemen grup B. Hal ini tentu memberikan harapan yang menyenangkan. Meskipun empat pertandingan yang sulit masih harus dihadapi, Mikel optimis tentang prospek mereka untuk menduduki puncak klasemen dan mengklaim satu-satunya tiket menuju Piala Dunia FIFA 2018 Rusia.

“Kami berada dalam posisi yang sangat baik dalam grup kami,” gelandang klub sepakbola Tianjin Teda yang berusia 30 tahun itu mengatakan kepada pialadunia-2018.com. “Kami memiliki dua kemenangan dari dua pertandingan, dan di pertandingan terakhir kami mengalahkan Aljazair di kandang sendiri. Kami memiliki tim dengan pemain muda yang sangat bagus dan para pemain bermain sepakbola dengan baik. Jika kami bisa memenangkan pertandingan berikutnya di kandang sendiri melawan Kamerun pada tanggal 31 Agustus maka Ini akan membuat peluang kami lolos kualifikasi semakin besar. “

Tekanan untuk lolos ke Piala Dunia FIFA 2018 amat besar bagi mantan pemain bintang Chelsea ini. Ini bukan semata-mata karena harapan pendukung di tanah airnya yang gila sepak bola seperti yang dia jelaskan. “Istri saya adalah orang Rusia,” katanya, “Dan banyak saudara dan teman kami berasal dari Rusia. Mereka mengharapkan Nigeria bisa lolos ke Piala Dunia FIFA 2018 Rusia. Saya pikir mereka akan membunuh saya jika saya gagal,” tambahnya sambil tertawa.

Pertandingan yang Penting

Mikel tidak menganggap bahwa sisa pertandingan yang dihadapi Nigeria akan mudah dimenangkan meskipun memiliki rasa percaya diri yang besar. Bagaimanapun mereka akan bertanding melawan Kamerun yang merupakan juara bertahan Piala Afrika. Sejauh ini Kamerun memperoleh 2 hasil imbang dari kedua pertandingan mereka. Kapten tim nasional Nigeria “Super Eagles” ini sadar bahwa pertandingan pada tanggal 31 Agustus dan 4 September tersebut akan berperan penting untuk menentukan hasil di grup B.

“Seperti yang diketahui semua orang, mereka adalah tim yang sangat bagus,” katanya tentang Kamerun. “Mereka kuat dan mereka bermain dengan percaya diri. Kami harus mempersiapkan diri dengan baik untuk pertandingan ini dan memberikan usaha yang terbaik melawan mereka. Ini tidak akan mudah tapi ini adalah pertandingan yang penting. Kami hampir pasti akan mencapai Piala Dunia FIFA 2018 jika menang.”

Mikel yang menjadi kapten tim Nigeria berperan menonjol dalam pertandingan kualifikasi yang dihadapi Nigeria sejauh ini. Dia mencetak satu gol dan membantu terciptanya gol yang lain dalam kemenangan terakhir mereka atas Aljazair 3-1 pada bulan November. Namun, cedera yang membuat dia absen dalam beberapa bulan terakhir menyebabkan kekhawatiran bagi pendukung Nigeria. Meskipun demikian, Mikel bersumpah untuk melakukan segala upaya agar kondisinya fit kembali dalam 2 pertandingan mendatang yang penting ini.

“Saya telah mempertahankan kondisi tubuh yang bagus sampai terjadinya cedera ini,” katanya. “Jadi hal ini amat disesalkan. Namun ini adalah bagian dari permainan dan sekarang saya fokus pada pemulihan dan semakin membaik, saya akan melakukan apapun yang saya bisa untuk bisa bermain bagi klub sepakbola Tianjin Teda dan tim nasional saya.

“Tim Nigeria mengharapkan kehadiran saya di lapangan. Rekan satu tim saya merindukan saya dan mereka membutuhkan saya. Saya ingin memenuhi peran sebagai kapten dan membantu mereka dengan pengalaman saya.”

Karir yang Terhormat

Hanya sedikit pemain benua Afrika yang mampu menyamai prestasi Mikel. Dia pertama kali bermain di pentas internasional pada turnamen Piala Dunia U-20 FIFA 2005 dimana dia membantu Nigeria melaju ke final. Tim Nigeria waktu itu dikalahkan oleh Argentina yang memiliki Lionel Messi.

Dia membantu Nigeria meraih gelar Piala Afrika 2013 dan baru-baru ini menjadi pemain bintang tim “Super Eagles” di Piala Dunia FIFA Brasil 2014 dimana mereka mencapai babak kedua untuk pertama kalinya sejak tahun 1998.

Di level klub, dia memenangkan hampir semua turnamen yang dihadapi selama bermain 11 tahun bersama dengan Chelsea. Mikel lalu meninggalkan stadion Stamford Bridge setelah merebut gelar Liga Champion UEFA, dua mahkota Liga Premier Inggris, dan empat Piala Footbal Association. Prestasi-prestasi itu belum cukup bagi dirinya yang ingin membawa Nigeria mencapai Piala Dunia FIFA 2018 Rusia.

“Saya bangga dengan apa yang telah saya capai,” katanya. “Tapi saya tidak puas di saat yang bersamaan. Saya ingin meraih lebih banyak, jadi saya harus berupaya lebih keras. Piala Dunia FIFA 2018 Rusia akan menjadi kesempatan bagus bagi kami, tapi kami mesti lolos dari kualifikasi terlebih dahulu. Tantangan berikutnya adalah memastikan kami menikmati hasil turnamen yang lebih baik di Piala Dunia FIFA 2018 Rusia daripada yang sebelumnya di Brasil.”

Comments

Leave a reply