Presiden Klub Barcelona Bartomeu Mengkritik Neymar Tidak Setia pada Barca

Presiden klub sepakbola Barcelona, Josep Maria Bartomeu mengkritik Neymar yang tidak setia pada klub tersebut pada hari senin (7/8). Ia mengkritik pemain yang berasal dari Brasil tersebut karena hanya diam dan tidak memberitahukan rencananya untuk pindah klub. Semua pihak baru tahu Neymar akan pindah klub ketika Paris St. Germain (PSG) memastikan akan membayar 222 juta untuk transfer tersebut. Nilai pembayaran tersebut menjadi rekor transfer pemain yang termahal untuk saat ini.

Neymar menonton pertandingan Paris St Germain (PSG) vs Amiens SC tanggal 5 Agustus 2017 bersama dengan ayahnya

Spekulasi bahwa Neymar akan pindah ke Prancis ramai dibicarakan di tengah tur pra musim klub Barca di Amerika Serikat pada bulan Juli. Rekan setimnya bertanya-tanya tentang rencana pemain tersebut, namun Neymar tidak memberikan jawaban tentang masa depannya sampai kepindahannya dikonfirmasi hari kamis lalu (3/8) .

“Caranya menghadapi urusan transfer ini bukan sikap terpuji yang diharapkan dari salah seorang pemain kami,” kata Bartomeu di kongres tahunan pendukung klub Barcelona pada hari senin (7/8).

“Kami selalu transparan dan mengharapkan kejelasan darinya. Nilai-nilai etika sangat penting bagi kami dan para pemain perlu merasakan bahwa diri mereka berada di klub sepakbola terbaik dunia.”

Presiden klub Barcelona Josep Maria Bartomeu dalam konferensi pers

Bartomeu mengatakan klub tersebut sekarang siap untuk bertanding tanpa Neymar yang mencetak 105 gol dalam empat musim bagi Barca dan membantu memenangkan dua gelar Liga, tiga Piala Raja, dan Liga Champions 2015. Dia membandingkan kesetiaan pemain dari Brasil tersebut dengan pemain yang setia pada satu klub sepakbola seperti Lionel Messi dan Andres Iniesta.

“Tidak ada pemain yang posisinya berada di atas klub Barca. Segala sesuatu memiliki batasan dan itu sebabnya kami bertindak seperti yang ditentukan. Kesetiaan Messi patut menjadi teladan bagi semua orang yang ingin memakai kaus tim kami seperti yang ditunjukkan Iniesta,” kata Bartomeu.

Presiden klub Barca tersebut mengatakan bahwa klub telah menduga Neymar mungkin akan meninggalkan klub pada suatu hari ketika dia menandatangani kontrak pada tahun 2016. “Kami memperkirakan Neymar bisa meninggalkan klub, jadi kami menaikkan klausul pembelian dirinya menjadi 222 juta sehingga kami dapat memiliki masa depan yang stabil. Ketika kami ragu dia akan bertahan di klub, kami bisa tenang karena apapun yang terjadi akan baik bagi Barca,” katanya. “Jika dia tetap tinggal, kami akan tetap memiliki pemain yang luar biasa. Dan kami bisa menandatangani kontrak dengan pemain lain jika dia pergi meninggalkan klub.”

Bartomeu menambahkan bahwa tim tersebut akan meninggalkan pola permainan poros pemain depan Messi, Neymar dan Luis Suarez yang terkenal banyak menjebol gawang lawan untuk fokus membangun tim yang lebih kuat secara keseluruhan. “Kami tidak akan lagi menggunakan pola permainan trio pemain depan. Kami akan lebih fokus pada tim secara keseluruhan,” katanya.

Tags: ,

Comments

Leave a reply