Qatar Membangun Stadion Piala Dunia 2022 Berbentuk Kopiah Peci Tradisional Arab Gahfiya

Desain stadion Al Thumama yang akan menjadi tempat pertandingan Piala Dunia 2022 di Qatar telah diungkapkan kepada publik. Desain stadion tersebut merupakan desain stadion keenam yang diberitahukan secara resmi kepada publik.

Stadion berkapasitas 40.000 tempat duduk ini dibangun dengan bentuk menyerupai kopiah / peci rajutan tradisional Arab yang dikenal dengan sebutan ‘gahfiya’. Pembangunan stadion Al Thumama diperkirakan akan selesai pada tahun 2020. Kopiah atau peci ‘gahfiya’ ini dipakai oleh muslim di seluruh wilayah semenanjung Arab. “Desain simbolis ini mewujudkan segala hal yang mempersatukan kita sebagai bangsa Arab dan muslim. Ini adalah bentuk penghormatan yang sesuai bagi pelaksanaan Piala Dunia FIFA yang pertama kalinya diadakan di Timur Tengah, ” kata Sekretaris Jenderal Panitia Penyelenggara Piala Dunia 2022, Hassan Al Thawadi.

“Saya yakin setelah Stadion Al Thumama selesai dibangun akan menjadi stadion olahraga yang favorit di regional semenanjung Arab dan bangunan yang mengingatkan betapa uniknya Piala Dunia 2022 di Qatar kepada generasi mendatang.”

Stadion Al Thumama yang didesain oleh arsitek Qatar yang ternama, Ibrahim M. Jaidah berbentuk kopiah/peci tradisional Arab yang dikenal dengan sebutan “gahfiya”.

Arsitek Qatar yang ternama, Ibrahim M. Jaidah adalah orang di belakang perencanaan bangunan tersebut. Ia memiliki riwayat pengalaman yang panjang sebagai seorang arsitek dimana salah satu hasil desain bangunannya menghiasi uang kertas 100 riyal negara itu. “Desain stadion Al Thumama diungkapkan kepada publik dengan kebanggaan yang luar biasa,” katanya. “Inspirasi di balik desain itu sesuai dengan janji negara Qatar bahwa Piala Dunia ini akan menjadi suatu acara internasional yang dirayakan oleh seluruh negara di semenanjung Arab secara bersama.”

Stadion Al Thumama yang merupakan salah satu stadion paling utama dari delapan stadion baru yang sedang dibangun akan dikonversi menjadi stadion berkapasitas 20.000 tempat duduk menjelang berakhirnya turnamen Piala Dunia 2022. Bagian kapasitas tempat duduk yang diubah tersebut akan diberikan ke negara-negara sepakbola yang sedang berkembang. Bagian tersebut juga mencakup akses dengan standar internasional bagi para penyandang cacat dan sistem pendinginan yang memungkinkan pertandingan olahraga diadakan sepanjang tahun di stadion.

Comments

Leave a reply