Wayne Rooney Pensiun dari Tim Nasional Inggris di Kualifikasi Piala Dunia 2018 Rusia

Pencetak gol terbanyak sepanjang masa dari tim nasional Inggris yang juga tampil paling banyak di lapangan pertandingan internasional membela Inggris, yaitu Wayne Rooney telah memutuskan pensiun dari karir internasionalnya di usianya yang ke-31. Pemain depan klub sepakbola Everton yang mencetak 53 gol dalam 119 pertandingan untuk tim nasional Inggris yang berjuluk “Tiga Singa (Three Lions)” mengumumkan berita tersebut dalam sebuah pernyataan di situsnya.

“Hal ini adalah keputusan yang sulit dan saya mengambil keputusan setelah mendiskusikan hal ini dengan keluarga, manajer klub sepakbola Everton, dan orang-orang terdekat,” tulisnya di officialwaynerooney.com. “Bermain untuk tim nasional Inggris adalah kesempatan istimewa bagiku. Hak istimewa dan kepercayaan diberikan pada saya saat terpilih sebagai pemain maupun kapten tim untuk beberapa kali. Saya mengucapkan terima kasih pada semua orang yang selama ini mendukung saya. Tapi saya rasa sekarang telah tiba waktunya untuk pensiun dari tim nasional Inggris.

“Saya akan selalu setia mendukung tim nasional Inggris. Satu hal yang saya sesali dalam karir internasional adalah tidak bisa membawa tim nasional Inggris sukses memenangkan Piala Dunia. Semoga pemain muda berbakat yang dilatih Gareth Southgate dapat mewujudkan ambisi ini dan saya menaruh harapan semua orang dapat bekerja sama dengan baik dalam tim nasional Inggris. “

Dalam pernyataan tersebut, Rooney mengungkapkan bahwa Southgate telah menawarkan padanya sebuah tempat di tim Three Lions untuk pertandingan kualifikasi Piala Dunia FIFA 2018 yang akan datang melawan Malta dan Slowakia setelah absen dari semua pertandingan kualifikasi Piala Dunia tahun ini pada bulan Maret dan Juni. Namun, pemain klub sepakbola Everton tersebut memutuskan untuk fokus pada komitmen klubnya.

Rooney tampil di panggung sepakbola internasional saat ia masih seorang remaja dan menjadi pemain termuda yang mewakili negara Inggris pada tahun 2003. Ia saat itu berusia 17 tahun dan 111 hari. Ia masuk sebagai pemain pengganti melawan Australia dalam suatu pertandingan persahabatan. Rekor tersebut saat ini telah diklaim oleh Theo Walcott.

Rooney muda yang bermain dengan tidak mengenal rasa takut memukau para pendukung tim nasional Inggris dengan membandingkan dirinya dengan gaya bermain Paul Gascoigne 15 tahun sebelumnya yang bebas mengalir dan aktif menyerang. Pada turnamen besar pertamanya di UEFA EURO 2004, Rooney sepertinya ditakdirkan untuk memenuhi harapan para pendukung dengan mencetak 2 gol melawan Swiss dan Kroasia di babak penyisihan grup. Namun, ia ditarik keluar dari pertandingan selanjutnya karena mengalami cedera di babak perempat final melawan Portugal, sebuah pertandingan dimana Inggris mesti keluar dari kompetisi.

Rooney mungkin gagal untuk memenuhi harapan para pendukung Inggris pada turnamen berikutnya melawan Portugal di perempat final Piala Dunia 2006. Ia mencetak satu-satunya gol Piala Dunia di Piala Dunia FIFA 2014 Brasil, sebuah turnamen dimana Inggris keluar pada babak penyisihan grup.

Meskipun tim nasional Inggris gagal di panggung terbesar sepak bola internasional, Rooney telah menempa karir di tim “Three Lions” dengan rekor yang mengesankan. Rooney melewati rekor Sir Bobby Charlton sebagai pencetak gol terbanyak sepanjang masa bagi negara Inggris dengan mencetak gol melawan Swiss di Wembley pada tahun 2015.

Ia mengalahkan David Beckham pada tahun 2016 sebagai pemain tim nasional Inggris yang tampil paling banyak di lapangan sepakbola internasional dengan 116 kali mewakili Inggris saat melawan Slovakia di kualifikasi Piala Dunia 2018.

Rekam Jejak Rooney di Pertandingan Internasional

Pertandingan pertama : melawan Australia di pertandingan persahabatan pada tanggal 12/2/2003 berusia 17 tahun, 111 hari.

Gol pertama : melawan Makedonia di kualifikasi UEFA EURO 2004 pada tanggal  6/9/2003.

Gol pertama di final pertandingan besar : melawan Swiss di UEFA EURO 2004 pada tanggal 17/6/2004.

Pertandingan ke-50 : melawan Ukraina di kualifikasi Piala Dunia 2010 pada tanggal 1/4/2009.

Pertandingan pertama sebagai kapten : melawan Brasil di pertandingan persahabatan pada tanggal 14/11/2009 saat berusia 24 tahun, 21 hari.

Pertandingan ke-100 : melawan Slovenia di kualifikasi UEFA EURO 2016 pada tanggal 15/11/2014.

Gol ke-50: melawan Swiss di kualifikasi UEFA EURO 2016 pada tanggal  8/9/2015.

Gol terakhir ke-53 : melawan Islandia di UEFA EURO 2016 pada tanggal 27/6/2016.

Pertandingan final ke-119 : melawan Skotlandia di kualifikasi Piala Dunia 2018 pada tanggal 11/11/2016 saat berusia 31 tahun, 18 hari.

Comments

Leave a reply