Yuya Kubo Pemain Penyerang Bintang Tim Nasional Jepang di Kualifikasi Piala Dunia 2018

Pemain bintang terlihat selalu muncul setiap kali tim nasional Jepang sangat membutuhkannya dalam usaha memperoleh tiket agar dapat bertanding di Piala Dunia FIFA. Hidetoshi Nakata adalah pemain bintang yang membawa tim nasional Jepang melewati babak kualifikasi Piala Dunia untuk pertama kalinya menuju Piala Dunia 1998 di Prancis. Legenda Jepang tersebut mencetak hampir semua gol yang diperoleh tim nasional Jepang termasuk ketiga gol saat mereka mengalahkan Iran 3-2 dalam pertandingan yang sangat penting.

Shunsuke Nakamura kemudian menjadi pemain bintang “Samurai Biru” membawa Jepang tampil bermain di Piala Dunia 2006 di Jerman. Empat tahun kemudian adalah Yasuhito Endo yang mengantar Jepang ke Piala Dunia 2010 di Afrika Selatan. Pemain bintang yang memberikan kekuatan pendorong di belakang kemajuan tim nasional Jepang ke Piala Dunia tahun 2014 yang terakhir di Brazil adalah Keisuke Honda. Ia mencetak lima gol dalam pertandingan akhir babak kualifikasi yang menentukan dan membawa tim nasional Jepang ikut bermain di Piala Dunia 2014.

Jepang saat ini kembali berada di ambang babak kualifikasi Piala Dunia. Jika mereka mampu menang dalam pertandingan di kandang sendiri melawan Australia pada 31 Agustus maka kemenangan tersebut akan mengamankan mereka maju ke Piala Dunia 2018 di Rusia. Pemain bintang yang diharapkan dapat mewujudkan harapan tersebut untuk kali ini adalah Yuya Kubo.

Pemain muda ini hanya tampil dalam empat pertandingan kualifikasi, namun penampilannya telah mampu menarik perhatian. Kubo mencetak dua gol bagi Jepang dalam kemenangan 2-0 atas Uni Emirat Arab sebelum mencetak tiga gol dalam kemenangan Jepang 4-0 melawan Thailand.

“Pertandingan berikutnya melawan Australia akan sangat penting bagi kami,” kata penyerang berusia 23 tahun itu kepada pialadunia-2018.com. “Kami semua sadar bahwa kami harus mempersiapkan diri dengan baik untuk pertandingan ini. Pertandingan kali ini jelas amat penting bagi kami sehingga saya akan mempersiapkan diri lebih ekstra untuk pertandingan melawan Australia.

Bimbingan dan Panduan dari Halilhodzic

Nama Kubo meroket menjadi terkenal di seluruh dunia. Tapi mereka yang mengikuti perjalanan karirnya tentu tahu bahwa kemunculannya di dunia internasional adalah perkembangan yang alami dan bertahap. Pertama kali bermain bagi klub sepakbola Kyoto Sanga, Kubo kemudian pindah ke klub sepakbola Young Boys Bern di Swiss dimana ia tampil lebih dari 100 pertandingan dalam empat musim. Ia lalu bergabung dengan klub sepakbola Gent di Belgia pada awal tahun 2017 dimana dirinya telah mencetak gol 11 kali dari 17 pertandingan yang diikutinya.

“Saya telah berusaha keras untuk tidak melewatkan kesempatan dalam mencetak gol,” kata pemain bintang tersebut. “Saya tidak melakukan pekerjaan saya dengan buruk, tapi saya tidak berpikir bahwa saya adalah seorang pemain bintang. Ada banyak hal yang perlu saya tingkatkan, jadi saya masih perlu bekerja lebih keras.”

Perkembangan Kubo di Eropa tidak luput dari perhatian pelatih tim nasional Jepang, Vahid Halilhodzic yang memberinya panggilan untuk mengikuti tim nasional pertama kalinya di tahun lalu. Halilhodzic yang berasal dari Bosnia memberikan kejutan pada Kubo dengan menurunkan dirinya dalam pertandingan kualifikasi Piala Dunia melawan Arab Saudi setelah menguji pemain muda tersebut di Piala Kirin 2016. Kubo tidak mencetak gol dalam pertandingan yang dimenangkan oleh Jepang dengan skor 2-1 tersebut. Kubo beradaptasi dengan cepat terhadap posisi barunya di tim nasional Jepang. Ia berhasil mencetak dua gol dan tiga assist di dua pertandingan kualifikasi yang berikutnya.

“Pelatih meminta saya untuk mencoba maju dan memotong garis pertahanan lawan,” kata Kubo. “Dan dia ingin saya berkontribusi tidak hanya dalam serangan, tapi juga membantu pertahanan kami saat seseorang membuat kesalahan. Ini lumayan sulit, tapi saya suka melakukannya.”

Rekan Satu Tim yang Inspirasional

Kesempatan berlatih dan bermain dengan rekan satu tim yang telah berpengalaman ditambah dengan bimbingan dari pelatih menjadi faktor yang menyebabkan meningkatnya kemampuan Kubo dengan cepat. Shinji Kagawa dan Shinji Okazaki yang sering bekerja sama dengan Kubo dalam melakukan serangan di beberapa pertandingan kualifikasi memberikan sumber inspirasi pada Kubo.

“Mereka adalah pemain yang sangat sukses bagi klub maupun negara,” kata Kubo tentang Shinji Kagawa dan Shinji Okazaki. “Saya melakukan yang terbaik untuk mengikuti jejak mereka yang sukses. Banyak hal yang bisa dipelajari dari mereka, meskipun gaya bermain kami berbeda. Saya ingin menjadi pemain penyerang yang tidak hanya bisa mencetak gol tapi juga dapat menciptakan peluang.”

Comments

Leave a reply